Pengaruh Tingkat Kecerdasan Emosional (EQ) terhadap Prestasi Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Menengah Atas D.I.Yogyakarta
Abstract
Di Sekolah Menengah Atas di Kota Yogykarta terdapat beberapa siswa yang masih memiliki pemusatan perhatian kurang baik dan masih membutuhkan waktu relatif lama dalam proses pemecahan masalah yang dihadapi pada saat proses belajar mengajar.. Kecerdasan emosional siswa diduga belum optimal, berdasarkan pengamatan peneliti keadaan emosional siswa masih labil karena dalam masa remaja, seperti kurang empati kepada orang lain, cenderung egois, dan sulit mengatur perasaan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Permasalahan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang dirasa penting untuk diteliti adalah kecerdasan emosional (EQ).Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. Penelitian menggunakan metode korelasional dengan pendekatan regresi sederhana.Penelitian ini menggunakan populasi siswa di SMA Negeri di Kota Yogyakarta dengan sampel kelas X ,XI, dan XII sebanyak 200 siswa.