PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP YPN BELINYU

  • ade pirmansyah universitas muhammadiyah bangka belitung
  • M. Eka Mardyansyah S
  • Erick Prayogo Walton
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Kemampuan Passing Bawah Bola Voli

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan siswa yang kurang baik pada saat melakukan passing bawah bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap kemampuan passing bawah bola voli siswa kelas VIII SMP YPN Belinyu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-experimental. Desain yang di gunakan yatiu one group pretest-postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP YPN Belinyu sebanyak 129 siswa sedangkan teknik pengambilan sampel dengan teknik kluster random sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tesĀ  sedangkan teknik analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.

Berdasarkan dari hasil analisis data menggunakan Uji-Fisher dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai thitung =11.350> ttabel = 2.042 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap kemampuan passing bawah bola voli siswa kelas VIII SMP YPN Belinyu.

Published
2021-04-27