HUBUNGAN TINGGI LONCATAN DAN PANJANG TUNGKAI TERHADAP KETEPATAN SMASH BOLA VOLI PADA ATLET KLUB KAPAS PANGKALPINANG

  • Tio Fransisko, Widati Amalin Ulfah , dan Oktarina STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tinggi loncatan terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang, untuk mengetahui hubungan panjang tungkai terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang dan untuk mengetahui hubungan tinggi loncatan dan panjang tungkai terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet Klub Kapas Pangkalpinang berjumlah 30 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengolahan data menggunakan uji normalitas kolmogorov-smirnov, uji homogenitas menggunakan uji bartlet, uji hipotesis menggunakan uji korelasi berganda dan uji keberartian diolah dengan SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tidak ada hubungan yang signifikan tinggi loncatan terhadap ketepatan smash, dengan rhitung 0,173 < rtabel 0.361.
2) Tidak ada hubungan yang signifikan panjang tungkai terhadap ketepatan smash, dengan rhitung 0,169 < rtabel 0.361. 3) Ada hubungan yang signifikan tinggi loncatan dan panjang tungkai terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang, dengan rhtung 0,582 > rtabel 0,361. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan tinggi loncatan terhadap ketepatan smash, tidak ada hubungan panjang tungkai terhadap ketepatan smash dan ada hubungan yang siginifikan tinggi loncatan dan panjang tungkai terhadap ketepatan smash bola voli pada atlet Klub Kapas Pangkalpinang.


Kata Kunci: Tinggi Loncatan, Panjang Tungkai, Ketepatan Smash.

Published
2018-11-14